Journey adalah sebuah permainan video petualangan yang dikembangkan oleh Thatgamecompany dan dirilis pada tahun 2012 untuk PlayStation 3, kemudian di-porting ke PlayStation 4 dan PC. Game ini telah mendapatkan pengakuan luas karena visual yang memukau, musik yang emosional, dan gameplay yang unik yang memadukan petualangan dengan tema-tema tentang kehidupan, persahabatan, dan pencarian diri.
Latar Belakang Cerita
Dalam Journey, pemain mengendalikan seorang karakter yang tidak berbicara dan hanya dikenal sebagai The Traveler. The Traveler mengenakan jubah merah dengan selendang panjang dan memiliki tujuan yang tidak dijelaskan secara eksplisit di awal permainan. Cerita berfokus pada perjalanan menuju sebuah gunung besar yang jauh di horizon, di mana terdapat sebuah cahaya togelin misterius yang menjadi tujuannya.
Selama perjalanan, The Traveler melintasi berbagai lanskap yang luas dan menantang, seperti gurun pasir yang panas, reruntuhan kuno, dan lembah yang penuh salju. Sepanjang perjalanan, pemain akan mengalami perubahan suasana hati dan tantangan yang ada di sepanjang jalan, yang akhirnya mengarah pada pencapaian pencerahan batin yang dalam.
Meskipun Journey tidak memiliki dialog atau narasi verbal, pengembangannya mengandalkan simbolisme, musik, dan elemen visual untuk menyampaikan perasaan dan cerita, menciptakan pengalaman emosional yang sangat kuat.
Gameplay: Eksplorasi, Interaksi, dan Kooperasi Tanpa Kata
Journey adalah permainan petualangan yang mengutamakan eksplorasi dunia yang sangat luas dan atmosferik. Pemain berperan sebagai The Traveler, yang memiliki kemampuan untuk melompat dan meluncur di tanah, serta menggunakan kekuatan misterius untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Eksplorasi Dunia yang Luas dan Indah
Seluruh dunia dalam Journey dirancang dengan keindahan visual yang sangat memukau. Pemain memulai perjalanan mereka di padang pasir yang luas, yang secara bertahap berkembang menjadi berbagai area dengan suasana yang berubah-ubah. Setiap lingkungan memiliki keunikannya sendiri, mulai dari puing-puing arsitektur kuno, gurun yang tak terhingga, hingga pemandangan yang penuh dengan salju di pegunungan.
Desain level dalam Journey memberikan ruang bagi pemain untuk menjelajahi dunia dengan bebas, menemukan rahasia tersembunyi, dan menikmati keindahan setiap detail. Dunia dalam game ini tidak hanya untuk dijelajahi, tetapi juga diresapi, dengan banyak elemen yang menyimbolkan perjalanan batin dan kesendirian The Traveler.
Interaksi dengan Dunia
Pemain dapat berinteraksi dengan dunia sekitar, menggunakan kekuatan mistik untuk menggali pasir, mengaktifkan objek, atau meluncur dengan kecepatan tinggi di atas permukaan pasir. Beberapa area menyajikan teka-teki yang memerlukan interaksi dengan elemen dunia untuk melanjutkan perjalanan.
Kooperasi Tanpa Kata
Salah satu aspek yang paling unik dalam Journey adalah fitur multiplayer tanpa kata. Sepanjang perjalanan, pemain bisa secara acak bertemu dengan pemain lain yang juga memainkan game ini. Pemain tidak dapat berbicara atau mengirim pesan secara langsung, tetapi dapat berkomunikasi menggunakan suara yang dihasilkan oleh karakter mereka. Suara ini berupa bunyi melodi yang lembut yang dapat digunakan untuk menarik perhatian pemain lain.
Pemain yang bertemu dapat membantu satu sama lain untuk mengatasi tantangan atau sekadar berbagi pengalaman dalam perjalanan mereka. Hal yang luar biasa adalah bahwa pemain tidak tahu siapa yang mereka temui, tidak ada identitas yang ditampilkan, dan ketika sesi selesai, mereka akan kembali ke dunia mereka masing-masing. Ini menciptakan pengalaman yang sangat intim dan emosional, di mana interaksi kooperatif menjadi murni dan alami.
Visual dan Musik: Menghadirkan Suasana yang Mendalam
Salah satu elemen paling menonjol dari Journey adalah grafik yang indah. Setiap level dan lingkungan yang dilalui dalam permainan dirancang dengan detail dan artistik yang luar biasa. Dunia yang terbentang luas, dipadukan dengan pencahayaan yang sangat atmosferik, menciptakan pengalaman visual yang mengesankan.
Selain itu, musik dalam Journey, yang diciptakan oleh Austin Wintory, memiliki peran yang sangat penting dalam membangun suasana hati. Musiknya dinamis dan beradaptasi dengan keadaan dunia yang sedang dimainkan, menciptakan efek emosional yang mendalam. Musik dalam game ini memulai dengan melodi yang tenang dan membangun menjadi orkestra yang megah, mendukung setiap bagian dari perjalanan karakter dan memberi perasaan yang kuat akan pencapaian dan refleksi pribadi.
Tema dan Makna
Meskipun tidak ada narasi eksplisit dalam Journey, permainan ini menggali tema-tema universal yang sangat mendalam, seperti kesendirian, perjalanan hidup, dan hubungan antar manusia. Pemain dibawa untuk merasakan kesendirian dan tantangan yang dihadapi The Traveler, tetapi juga diajak untuk mengalami momen kebersamaan yang indah saat bertemu pemain lain.
Gunung yang menjadi tujuan akhir dari perjalanan The Traveler bisa dianggap sebagai simbol dari pencapaian spiritual atau tujuan hidup. Setiap langkah yang diambil membawa pemain lebih dekat pada pencapaian ini, dan meskipun ada banyak rintangan yang harus diatasi, tujuan akhir selalu mengundang rasa harapan dan pencarian yang lebih dalam.
Kesulitan dan Pengalaman Pemain
Journey bukanlah game yang mengutamakan kesulitan, melainkan sebuah pengalaman emosional dan reflektif. Tidak ada musuh atau pertempuran yang harus dihadapi, sehingga pemain lebih fokus pada perjalanan dan eksplorasi dunia. Sementara itu, tantangan yang ada lebih berkaitan dengan navigasi melalui lingkungan yang sulit atau memecahkan teka-teki yang ada di sepanjang jalan.
Kematian bukanlah bagian dari gameplay, melainkan sebagai bagian dari pembelajaran dan pengalaman. Ketika pemain mengalami kesulitan atau bahkan jatuh, mereka akan kembali ke titik sebelumnya tanpa kehilangan terlalu banyak progres, yang memungkinkan mereka untuk terus maju tanpa frustasi.
Penerimaan dan Penghargaan
Journey mendapatkan pujian luas dari kritikus dan pemain setelah rilisnya, terutama karena inovasi dalam gameplay, desain visual yang luar biasa, dan dampak emosional yang kuat. Game ini dianggap sebagai salah satu karya seni dalam dunia video game yang mampu menghadirkan pengalaman yang mendalam dengan cara yang sederhana.
Game ini memenangkan berbagai penghargaan, termasuk BAFTA Games Award untuk “Game of the Year” pada tahun 2013. Journey juga dipuji karena pendekatannya yang berbeda terhadap desain permainan, di mana fokus lebih pada pengalaman pemain daripada tantangan konvensional.
Kesimpulan
Journey adalah lebih dari sekadar permainan video — ia adalah sebuah pengalaman emosional yang mengajarkan tentang pencarian diri, hubungan antar manusia, dan keindahan dunia yang luas. Dengan desain visual yang memukau, musik yang menggugah, dan gameplay yang mendalam, Journey membawa pemain dalam sebuah perjalanan yang penuh refleksi, keindahan, dan pencapaian spiritual. Game ini menunjukkan bahwa kadang-kadang, yang terpenting bukanlah tujuan akhir, tetapi perjalanan itu sendiri.